AutoMobil77.BlogSpot.Com. Transmisi adalah salah satu komponen pada mobil baru atau mobil bekas yang memiliki fungsi yang sangat penting. Fungsi dari transmisi ini adalah untuk mentransfer tenaga mesin ke roda penggerak. Dan untuk membuat transmisi ini bisa berfungsi dengan baik sesuai kebutuhan maka di buatlah tuas presneling yang terhubung ke mekanisme pindah gigi di dalam transmisi. Letak dari tuas presneling ada di beberapa tempat. Biasanya mekanikal ini di letakkan di kolom kemudi, konsol tengah dan dasbor. mobil modifikasi.
Dengan perkembangan dunia otomotif masa kini yang dahulu merupakan komponen mekanikal sekarang telah berubah menjadi electro-mekanikal. Dan sering kali pengoprasian tuas ini membingungkan. Misalnya pada Mercedes-benz ML-Class yang tuas trasmisinya hanya berupa batang kecil seperti tuas sein di sisi kanan kolom setir. Tuas d gerakkan keatas untuk masuk ke posisi R (Reserve: gigi mundur), dan gerakan kebawah untuk posisi N (Neutral) atau D (drive). Kemudian tombol pada tuas berfungsi untuk mengaktifkan mode P (Parking). Untuk transmisi otomatis yang bisa di jalankan secara manual seperti tiptonik, anda perlu menggerakkan tuas ke arah (+) untuk menaikkan gigi dan ke arah (-) untuk mengurangi gigi. Untuk pergerakan inipun ada yang berbeda-beda. Ada tanda yang (+) berada di atas atau kearah depan dan (-) ke arah bawah atau ke arah belakang. Dan ada jega yang berlawanan arah (+) ke bawah atau ke belakang dan yang (-) ke atas atau ke depan. Bahkan ada yang pergerakan transmisi ini dengan menggerakkan tuas transmisi ke kanan dan ke kiri untuk menaikkan dan menurunkan transmisi. Dalam kasus ini, anda tidak boleh main-main. Petunjuk penggunaan transmisi pada manual book wajib di baca sebelum menjalankan mobil. Dan saya yakin lama kelamaan anda pasti akan terbiasa. Semoga bermanfaat...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar